Teks

Mari Belajar dan Terus Belajar

Rabu, 03 Maret 2010

Men-Diagnosis Permasalahan Perangkat yang Tersambung Jaringan Berbasis Luas (WAN)

Mendiagnosis  permasalahan  perangkat  yang  tersambung  jaringan berbasis  luas  (WAN)  merupakan modul  teori  dan  atau  praktikum  yang membahas  dasar-dasar  mendiagnosis  permasalahan  perangkat yang tersambung  jaringan  berbasis  luas.  istilah  umum  untuk  peralatan  Wireless LAn,  yang  juga  dikenal dengan  WLAN,  biasanya  peralatan  WiFi (WirelessFidelity) mengadopsi  standar  keluarga  IEEE 802.11,  yang didukung oleh banyak vendor.  Mengapa  kita menggunakan  infrastruktur  wireless  Internet? Pada dasarnya ada beberapa jawaban sederhana, seperti:
1.  Wireless untuk mem-bypass saluran telepon yang mahal dan amat lambat untuk mengakses Internet.
2.  Wireless sangat mudah diinstalasi, dapat dioperasikan dengan biaya yang relative murah, dan tidak perlu bergantung pada infrastruktur Telkom.
3.  Karena WiFi  pada  dasarnya Wireless  LAN,  karena  itu  dia  bekerja  pada kecepatan  yang  cukup           tinggi,  yakni  1-22Mbps,  bagi  peralatan  yang mengikuti standar IEEE 802.11b.
4.  Karena  standar  IEEE  802.11  adalah  standar  yang  terbuka  (open), peralatan  WiFi  sangat  mudah       diperolah  di  pasa.  Pada  saat  ini  harga sebuah card WLAN masih sekitar 3 sampai 4 kali harga sebuah      card LAN UTP. Akan tetapi, harga terus jatuh dan menjadi murah.
Modul  ini  terdiri dari 3 (tiga) kegiatan belajar, yaitu Mengidentifikasi masalah fungsionalitas  jaringan  pada  perangkat  (misalnya  manageable  switch  dan router)   melalui  gejala  yang  muncul,  memilah  masalah  berdasarkan kelompoknya serta mengisolasi permasalahan. Dengan menguasai modul  ini diharapkan peserta  diklat  mampu  mendiagnosis  permasalahan  perangkat yang tersambung jaringan berbasis luas (Wide Area Network) dengan baik.Download Modul-TKJ-16.pdf

Tidak ada komentar: