Teks

Mari Belajar dan Terus Belajar

Jumat, 13 Januari 2012

BACKGROUND PHOTOBOX

Latar belakang foto diri nan indah dengan teknik mudah. Teknik manipulasi foto dengan GIMP (free software) ringan.  Pengembangan level tingkat advance di GIMP adalah dapat membuat animasi gambar. Dan keunggulan GIMP adalah file-file dari Adobe  Photoshop, CorelDraw, Inkscape, Photopaint dapat dilihat melalui GIMP dan dapat terlihat tiap layernya.





SESUDAH


Background yang digunakan pada jasa Photobox atau foto langsung jadi rata-rata unik dan bercorak cerah.  Banyaknya pilihan warna dan corak menambah daya tarik setiap orang untuk berfoto bersama teman-teman atau pasangannya.

Berbekal GIMP, Anda juga bisa mengubah background foto agar terlihat seperti di Photobox. Gratis




  1. Buka foto pada area kerja, Klik File → Open → pilih objek foto. Kemudian lakukan duplikasi layer dari menu [Layer[Duplicate Layer]Klik kanan [Background Copy] →[Merge Down].














2.  Hilangkan background pada foto Anda dengan menggunakan Free Select Tool atau Lasso Tool. Seleksi gambar diri Anda saja agar tidak terhapus dari layar gambar.



3. Setelah gambar Anda sudah diseleksi seluruhnya, maka tekan tombol [Ctrl]+ [ I ] untuk invert selection. Kemudian tekan tombol [Delete] untuk menghilangkan background foto Anda.

4. Perhalus hasil pemotongan foto Anda. Pilih menu [Select] →[Border] untuk menentukan ukuran bingkai pada foto. Pada boks dialog Border Selection, Anda isi ukuran bingkai untuk foto Anda. Klik [OK].

5. Berikan efek blur agar bekas potongan di tepi foto tidak terlihat. Klik menu [Filter] → [Blur] → [Gaussian Blur]. Tentukan besar radius yang diinginkan pada kotak Blur Radius Horizontal dan Vertikal. Lalu klik [OK].

6. Saatnya memasukkan template photobox. Klik menu [File] → [Open As Layers], lalu klik dan drag template background dibawah layer Background. Atur skala layer background dengan klik [Layer] →[Scale Layer]  pada Width (Layer Size) atur misalnya : 2000 lalu tekan [Enter] →Klik [Scale].
7. Klik kanan objek foto →Klik Filter →Klik [Light and Shadow] → Klik [Drop Shadow]. Atur seperti di bawah ini : Kinibackground foto pun berubah seperti photobox.
 8. Simpan hasil jadi foto Anda dari menu [File] → [Save As], pilih ekstensi yang hendak Anda gunakan, lalu klik [Export] →[Save] Lihat hasilnya, serupa seperti ketika Anda berfoto ria di layanan Photobox yang ada di mal mal.

9.  Dalam rangka mempromosikan UP. TKJ :
Anda dapat meminta jasa/produk pada kami apa yang Anda butuhkan selama kami masih dapat membantu.
Harga sesuai produk tingkat kesulitan masing-masing (Sesuai harga pasar).

                                                       Ketua UP. TKJ
                                              Ika Widiyantika, S.Kom

Tidak ada komentar: