Teks

Mari Belajar dan Terus Belajar

Sabtu, 14 Januari 2012

MEMUTIHKAN WAJAH DENGAN GIMP

Ubah tampilan wajah yang gelap menjadi lebih bersinar cerah.
Kadang kala Anda merasa tidak puas dengan hasil jepretan foto dari kamera digital Anda. Entah karena foto terlalu gelap atau terlalu terang. Kalau problemnya hanya seperti itu, Anda tak perlu khawatir. Foto-foto digital tersebut masih bisa diolah lagi.
Nah, pada tutorial kali ini Anda dapat memutihkan wajah agar terlihat cantik dengan cara yang mudah dan sederhana.
       
SEBELUM                                                                                                SESUDAH


  1. Langkah awal Anda adalah mempersiapkan foto yang hendak diolah. Sebaiknya foto tersebut adalah foto wajah. Klik menu [File] [Open] dan cari lokasi file foto tersebut.  



2. Kemudian lakukan penggandaan layer dengan cara mengklik menu [Layer] [Duplicate Layer]. Layer yang diduplikasikan akan terlihat pada jendela Layers. 




3. Pilih layer yang diduplikasikan dan berikan efek blur, klik tab menu [Filter] [Blur] [Gaussian Blur]. Beberapa saat kemudian akan tampil jendela Gaussian Blur.


4. Pada jendela Gaussian Blur, ubah nilai Blur Radius horizontal menjadi [7.0] dan vertikal menjadi [7.0]. Anda dapat memberikan nilai sesuai dengan keinginan Anda sendiri. Klik [OK]

5. Pilih layer hasil penggandaan tadi dan ubah nilai mode layer menjadi Screen. Selain Screen, Anda dapat mencoba mode Overlay, Multiply, dan mode lainnya.


6. Beginilah hasil olahan foto Anda. Coba bandingkan dengan hasil foto sebelum diedit, terlihat lebih cantik bukan?. Sesuaikan mode layer sesuai keinginan Anda.

7. Selamat Anda berhasil. 

Tidak ada komentar: